Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

GAWANGAN

Gawangan merupakan permainan tradisonal yang menyerupai permainan tradisional betengan. bedanya hanya pada markas atau daerah pertahanannya. kalu betengan berupa tiang sedangkan gawangan berupa gawang. secara garis besar peraturan permainannya sama.

Permainan ini di beberapa daerah seringkali dikenal sebagai rerebonan atau lebonan di daerah jawa barat sedang di daerah lain juga di kenal dengan nama prisprisan, omer, jek-jekan.

Gawangan, adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok, masing - masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang bahkan bisa lebih. Masing - masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, yang menyerupai sebuah gawang sepak bola tersusun dari batu atau kayu, sebagai 'gawang'.

Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'gawang' lawan dengan memasuki gawang lawan, yang Berarti telah memenangkan permainan, kemudian permainan dapat di mulai lagi. Kemenangan juga bisa diraih dengan 'menawan' seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi 'penawan' dan yang 'tertawan' ditentukan dari waktu terakhir saat si 'penawan' atau 'tertawan' memasuki 'Gawang' mereka masing - masing.


0 komentar:

Posting Komentar